Kamis, 14 Juni 2012

Aplikasi Perhitungan Nilai UN

Aplikasi Perhitungan Nilai UN

Kesibukan sekolah sekarang sudah mulai dengan mempersiapkan Ujian Nasional 2012. Kelulusan ditentukan oleh empat hal, yaitu: (a). menyelesaikan seluruh program pembelajaran (b). memperoleh nilai minimal baik pada penilaian akhir untuk seluruh mata pelajaran yang terdiri atas: (1) kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia, (2) kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian, (3) kelompok mata pelajaran estetika, dan kelompok mata pelajaran jasmani, olah raga, dan kesehatan ; (c). lulus ujian sekolah/madrasah untuk kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi; dan (d). lulus Ujian Nasional.
Kelulusan Ujian Sekolah ditentukan oleh Nilai Sekolah/Madrasah (NS/M), dimana nilai NS/M diperoleh dari rata Nilai Raport (NR) dan Nilai Ujian Sekolah (NUS), dengan rumus:

NS = 0,6 NUS + 0,4 NR

Keriteria kelulusan Ujian Sekolah ditentukan oleh satuan pendidikan masing-masing.
Kelulusan Ujian Nasional ditentukan oleh Nilai Akhir (NA)yang merupakan perpaduan antara Nilai Sekolah (NS) dan Nilai Ujian Nasional (NUN) dengan perhitungan:

NA = 0,6 NUN + 0,4 NS

Kriteria kelulusan Ujian Nasional ditentukan oleh apabila peserta didik mencapai nilai rata-rata NA paling rendah 5,5 dan NA tiap mata pelajaran paling rendah 4,0
Proses perhitungan dan import nilai NS ke program aplikasi perhitungan nilai akhir yang harus disetorkan terkadang masih menyulitkan dan memerlukan waktu yang banyak. Kesalahan perhitungan kadang masih terjadi, oleh karena itu emka production berusaha sedikit membantu sekolah untuk melakukan proses perhitungan nilai sekolah (NS) dan simulasi kelulusan peserta didik berdasarkan nilai sekolah tersebut. Bagi temen yang berminat dapat langsung men-UNDUH aplikasi tersebut pada link di bawah ini:
 Aplikasi Perhitungan Nilai Sekolah dan Ujian Nasional SMA
 Aplikasi Perhitungan Nilai Sekolah dan Ujian Nasional SMP
 Aplikasi Perhitungan Nilai Sekolah dan Ujian Nasional MTs

sumber: http://www.simpelpas.ltim.in/2012/01/05/aplikasi-perhitungan-nilai-un/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger